Thursday, April 1, 2010

Rumah dengan view tepi sungai / House with riverbank view

astudioarchitect.com Jarang ada sebuah rumah dengan view didalam tapak yang menarik, misalnya berada ditepi sungai dan ingin menjadikan tepi sungai tersebut bagian dari keindahan sebuah rumah. Hal ini kelebihan yang dimiliki lahan Bapak Hanung Anindityo dimana ia memiliki sebuah lahan ditepi sungai. Lewat konsultasi via media Sindo beliau bertanya bagaimana desain yang paling sesuai. Bila Anda suka, desain rumah ini bisa Anda beli dalam bentuk gambar kerja dengan menghubungi astudio via email.

Rarely a house with an interesting view inside the landscape, for example located on a river bank and the owner want to make the river to be a part of the beauty of a home. This is land owned by Mr Hanung Anindityo where he has a land on a river bank. Through consultation via media Sindo newspaper, he asked how is the most appropriate design. If you like, you can buy this house design in the form of working drawings by contacting astudio via email.




Pertanyaan:
Yth. Mas Probo,
Saya memiliki 2 kavling tanah bersebelahan, dimana kavling sblh barat lk 270 m2 ingin kami dirikan bangunan sedang satunya untuk landskap (Denah terlampir). Saya sdh mencoba membuat layout rumah dg 4 kamar, namun masih kurang memuaskan. Kami mohon saran dan masukan layout untuk rumah, mengingat bentuk persil tsb tidak beraturan.

Sebagai tambahan info, untuk persil yg akan dijadikan landskap berbentuk terasering menurun menuju sungai.  Oleh karena itu, kami rencanakan teras menghadap ke timur; sehingga dr ruang keluarga menuju ke arah timur merupakan center view.

Sebelum dan sesudahnya diucapkan terima kasih.
Hanung anindityo
Sekip, Yogyakarta

Question:
Designation. Mr Probo,
I had 2 adjacent plots of land, where the west land is ca. 270 m2, one plot we wanted to establish house building to landscape (Plan attached). I tried making the layout with 4 bedrooms, but still less satisfactory. We ask advice and input layout for the house, considering the form of irregular land plot.

For additional info, the part that will be used as landscape shaped terracing down towards the river bank. Therefore, we planned terrace facing east, so family room can face the east as the center view.

Many thanks.
Hanung anindityo
Sekip, Yogyakarta




Jawaban:
Yth Bapak Hanung Anindityo,
Sangat menyenangkan untuk memiliki rumah dengan view yang bagus dan niat untuk menjadikannya tambahan potensi lahan yang positif. Dalam desain ini saya mencoba untuk menggambarkan situasi denah yang Bapak buat. Pada dasarnya menurut saya denah tersebut sudah bagus, barangkali letak ruang-ruangnya yang perlu disempurnakan. Pada dasarnya kita perlu mengoptimalkan ruang yang ada sehingga tidak terdapat ruang yang minim penghawaan alami. Potensi lahan yang ingin memaksimalkan view kearah sungai juga sangat patut dipertimbangkan sehingga dua kamar yang ada serta ruang keluarga diorientasikan ke arah tersebut.


Keterangan ruang-ruang:
1. Beranda depan
2. Ruang tamu
3. Kamar tidur utama
4. Kamar Mandi
5. Ruang keluarga
6. Ruang keluarga
7. Ruang makan
8. dapur
9. kamar tidur anak
10. kamar tidur anak
11. teras samping
12. kamar pembantu
13. KM pembantu
14. kamar mandi
15. carport

Untuk tampilan bagian depan, saya membuat ada pohon yang masuk di area beranda, menurut saya cukup untuk membuat tampilan yang berbeda dan kesan 'resort'nya lebih terasa serta bisa menaungi area duduk di beranda tersebut. Namun bila Bapak menghendaki, beranda juga bisa dibuat dengan atap seperti biasa. Untuk bagian yang menghadap sungai, terdapat selasar yang bisa dibuat dari dak dan dilapisi dengan penutup, misalnya kalsiplank untuk menggantikan tekstur kayu atau bahan lainnya.

Demikian Pak Hanung Anindityo, semoga jawaban saya bisa membantu Bapak.
Salam,

Probo Hindarto

Bila Anda suka, Anda bisa membeli desain ini dengan gambar kerja lengkap dengan ukuran dan detail rancangan. Klik disini

Answer:
Dear Mr Hanung Anindityo,
It's nice to have a house with a good view and intention to make an additional positive potential of land. In this design I tried to design based on description of situations in which you plan to make. Basically I think it was a good plan, perhaps the location of the rooms that need to be perfected. Basically we need to optimize existing space so that the air flow inside the house is good. The view potential of the land to be maximized towards the river is also very worthy of consideration so that the two existing rooms and family rooms were oriented towards it.


Description rooms:
1. Front porch
2. Parlor
3. Master bedroom
4. Bathroom
5. Family room
6. Family room
7. Refectory
8. kitchen
9. kids bedroom
10. kids bedroom
11. side porch
12. maid's room
13. KM helper
14. bathroom
15. Carport


For the facade, I make a trees area inside the porch, in my opinion sufficient to create a different look and 'resort' kind of feeling, and could overshadow the sitting area on the porch. But if you wish, can also be made with porch roof as usual and without a tree. For the overlooking part to the river, there is a terrace which can be made from, for example calciplank to replace wood.


Hopefully I can help you with this answer.
Sincerely,


Probo Hindarto

________________________________________________

by Probo Hindarto

© Copyright 2010 astudio Indonesia. All rights reserved.

No comments:

Post a Comment