Wednesday, May 5, 2010

Dinding bata ekspos, alami dan eksotis/ Exposed brick wall, natural and exotic

astudioarchitect.com Bata ekspos adalah salah satu cara yang sering diterapkan untuk mendapatkan tekstur dan kesan permukaan material bata yang terkesan alami dan eksotis. Bata ekspos sering dipakai untuk memperlihatkan kesan alami atau pedesaan, karena banyak rumah didesa yang masih menggunakan dinding bata tanpa diaci. Hanya saja, bata ekspos dalam rumah tinggal dewasa ini menggunakan bata khusus agar terlihat rapi. Artikel ini berisi pertanyaan dan jawaban tentang bata ekspos yang ditanyakan oleh wartawan Koran Seputar Indonesia atau Sindo beberapa waktu lalu.

Exposed brick is one way which is often applied to obtain surface texture and feel of natural materials and bricks that seem exotic. Exposed brick is often used to show the impression of nature or the countryside, as many village houses still using a brick wall without diaci. Only in the exposed brick houses today use a special brick to make it look neat. This article contains questions and answers about the exposed brick is asked by a journalist or Sindo Seputar Indonesia newspaper some time ago.



1. Apa maksud dari bata ekspose? bagaimana membedakan bata ekspose yang baik dengan yang tidak? apa yang menjadi daya tarik dari bata ekspose?

Bata ekspos atau material lain yang diekspos biasa diberi kata keterangan ''ekspos' untuk menunjukkan bahwa material tersebut tidak ditutupi dengan material lainnya seperti acian plaster, atau batuan, dan sebagainya. Dalam hal ini bata ekspos berarti bata yang ditunjukkan sebagai material bata yang tidak ditutupi oleh acian, misalnya. Untuk membedakan bata ekspos yang baik dan tidak, biasanya adalah faktor tingkat presisi dari bata tersebut. Semakin presisi bata yang digunakan dan makin keras/ baik mutunya, akan makin menarik dijadikan bata ekspos. Bata ekspos biasanya dipesan secara khusus karena jenis bata yang digunakan biasanya lebih kuat dan presisi dibanding bata biasa, dan harganya juga lebih mahal.

Foto kiri: desain dinding bata arsitek Adi Purnomo (Mamo).
Foto oleh Haris Wibisono


Daya tariknya adalah kesan material yang mengingatkan kita pada suasana pedesaan atau suasana yang tenang dan damai. Kesan material yang jujur juga bisa membuat aksen menarik dari material bata ekspos ini.

2. bagaimana cara pengaplikasiannya, tolong jelaskan berikut dengan contohnya? apakah bata hanya bisa digunakan untuk dinding saja, jika tidak, adakah fungsi lain dari bata ekspose selain untuk dinding?

Cara mengaplikasikannya sangat mudah, yaitu untuk membuat dinding bata ekspos, kita membuat dinding bata seperti biasa, hanya campuran adukan antar batanya harus dibuat presisi, tidak berlepotan sehingga enak dilihatnya. Dalam hal ini diperlukan tukang yang berpengalaman atau rapi. Bata tidak hanya untuk dinding, untuk pagar, kolom pengganti cor beton seperti kolom bata bangunan jaman Belanda, dan sebagainya.

3. bagaimana cara memilih furniture-furniture yang tepat untuk disandingkan pada bata ekspose?

Biasanya seseorang memilih untuk menggunakan dinding bata ekspos agar terlihat suasana yang lebih alami seperti di pedesaan, dan karena itu jenis furniture yang dipilih biasanya yang bergaya etnik atau tradisional karena cukup sesuai dengan tema pedesaan tersebut. Misalnya: perabot meja kursi dengan ukiran gaya tradisional, lampu gantung ala Betawi, atau partisi gebyok dari Jepara.

4. apakah karena kita menggunakan keseluruhan dinding dengan bata ekspose lantas, furniture yang digunakan harus yang berbahan alam juga, seperti kayu misalnya? 

Iya betul, biasanya yang terkesan alami lebih mudah disandingkan dengan dinding bata ekspos ini, karena temanya sesuai. Tapi tidak selalu harus berbahan kayu. Furniture dari rotan, besi tempa, tanah liat, keramik, bambu juga sesuai. Tapi tidak hanya itu juga, karena furniture yang modern yang garis-garisnya kuat dan tidak terkesan tidak terkesan seperti dari pedesaan juga bisa cocok, dalam hal ini adalah soal mix and match.

My apartment
My apartment by reconstructionist, on Flickr

5. kalaupun memang tidak harus ,menggunakan bahan-bahan alam? apa yang perlu menggunakan bahan alam dan apa yang bisa digunakan diluar dari bahan alam tersebut? 

Pada dasarnya semua bahan yang digunakan didapat dari alam, tapi kesan alami yang terlihat dari bahan itu ditentukan oleh finishingnya. Misalnya dinding bata itu terlihat alami bila dibiarkan terekspos, tapi akan terlihat tidak alami bila diaci. Demikian pula dengan bahan kayu misalnya, bila ia sudah dipoles sehingga tidak nampak kayunya maka itu tidak terlihat seperti kayu yang alami.

Pertanyaan dan jawaban dilanjutkan di bagian bawah

1. What is the meaning of exposed brick wall? how to distinguish good brick to be exposed with the bricks that are not? what is the main attraction of exposed brick?

Exposed brick or other materials exposed to ordinary descriptive words''given exposure 'to indicate that the material is not covered by other materials such as plaster, or decorative stones, and so forth. In this case exposed brick shown as mean brick masonry materials that are not covered by plaster, eg. To distinguish between the good brick and not good brick to be exposed, usually there is a factor of precision of these bricks. The more precision that is used and the harder / better quality, will become increasingly attractive exposed brick. Exposed brick is usually reserved specifically for that type of brick used which is usually more strength and precise than ordinary brick, and the price is also more expensive.

Its appeal is the impression material that reminds us of the rural atmosphere or an atmosphere of calm and peace. An honest impression of material can also be attractive accents of this exposed brick material.

2. how to apply, please explain with example? whether the brick wall can only be used once, if not, is there any other function other than to expose brick walls?

How to apply it very easy, which is to create a wall of exposed brick, we make the usual brick wall, only with a mixture of mortar between the bricks must be made precise, which is not covered by plaster. In this case it is required an experienced handyman or neat. Brick is not just for walls, for fencing, replacement of cast concrete columns, such as the Dutch era buildings brick columns, and so forth.

3. furniture-how to choose the right furniture for exposed brick?

Usually a person chooses to use exposed brick walls to make it look more natural like the kind of atmosphere in the countryside, and therefore the selected type of furniture are usually ethnic or traditional-style because they are appropriate in accordance with the rural theme. For example: furniture tables and chairs with carvings of traditional style, ala Betawi chandelier, or a partition gebyok from Jepara.

4. Do you think we have to use natural kind and style of furniture?

Yes, it's usually easier to match naturally exposed brick walls with certain kind of traditional or natural look furniture, because of the theme accordingly. But not always be made from wood. Furniture from rattan, wrought iron, clay, ceramic, bamboo is also suitable. But not only that too, for modern furniture with strong lines and country style can also be suitable, in this case it is a matter of mix and match.

5. What other materials can be used?

Basically, all materials used were obtained from nature, but the impression of nature that is visible from the material is determined by the finishing method. For example natural-look brick wall can be left exposed, but it will look unnatural if plaster it. Similarly, materials such as wood, when it had been polished so it does not look made of wood anymore.

Many other materials are currently developing an impression of natural look, like fabricated materials such as cement composite sheets such as GRC and calsiboard, could look like wood when given a similar layer of wood as a finishing. So basically it is a matter of natural impression of the material.


6. bagaimana membuat ruangan menjadi lebih menarik saat penghuni menerapkan bata ekspose sebagai bahan rumahnya?

Dinding bata ekspos sudah cukup menarik karena garis-garisnya sudah bersifat ornamen/ hiasan pada sebuah rumah. Kesan alaminya perlu ditunjang oleh pemilihan furniture yang sesuai untuk menciptakan suasana alami tersebut agar lebih terasa, misalnya suasana pedesaan dengan furniture gaya tradisional.




7. bagaimana cara membuat dinding dengan susunan bata ekspose berikut tehnik finishingnya?

Dinding bata ekspos dibuat seperti dinding biasa, hanya tidak diaci, dan campuran antara batanya sebaiknya dibuat serapi mungkin. Untuk teknik dari pertukangan Bali, mereka bisa membuat dinding bata yang tidak terlihat sambungannya. Ini sangat menarik. Dinding bata ekspos juga bisa diberi coating agar tidak berlumut. Beberapa orang memilih mengecat dinding bata ekspos, tapi akan mengurangi kesan alaminya.

8. Apakah desain bata ekspose hanya menampilkan warna asli dari batu bata? atau bisakah bata ekspose itu didesain berbeda dari biasanya? 

Biasanya menampilkan warna asli dari bata tersebut yaitu warna terakota. Untuk bentuk bata yang berbeda sebenarnya bisa dibuat dengan memesan secara khusus, tapi bentuk yang paling lazim adalah balok seperti yang kita kenal, hanya dimensinya bisa berbeda-beda.

9. pengaruh pengaplikasian bata ekspose terhadap dengan estetika ruang?

Bata ekspos terlihat menarik karena sudah ornamentatif atau terkesan ramai dengan garis-garis kuatnya. Kesan estetika yang terlihat adalah kesan alami yang bisa diasosiasikan dengan kesan suasana di pedesaan. Kesan ini cenderung menenangkan dan bisa membuat kita merasa nyaman.

10. Tips-tips merawat bata Ekspose?

Bata ekspos agar tidak ditumbuhi lumut bisa diberi lapisan coating sehingga tampil cling, tidak mudah berlumut, serta mudah dibersihkan.


Foto atas: desain dinding bata arsitek Adi Purnomo (Mamo).
Foto oleh Haris Wibisono


11. bagaimana menurut Bapak, apakah dengan penerapan bata ekspose ke dalam rumah akan lebih menghemat biaya?

Tidak selalu. Bata yang dibuat untuk di ekspos biasanya lebih mahal dari bata biasa, tapi kualitasnya lebih baik. Bisa juga sebenarnya menggunakan bata biasa, tapi hasilnya memang kadang bata ada yang pecah sedikit, tidak presisi, tidak lurus, dan sebagainya. Tapi bisa saja dilakukan bila Anda menyukai suasana yang benar2 seperti di pedesaan, tidak usah menggunakan bata khusus ekspos.


6. how to make the room more interesting when we apply exposed brick wall?

Exposed brick wall has been quite interesting because the lines are already ornamental / decorating aspect. Natural impression can be supported by appropriate selection of furniture to create a natural atmosphere, for example, rural atmosphere with traditional style furniture.

7. how to make a wall with exposed brick? The finishing techniques?

Walls of exposed brick walls built like usual, just not being plastered, and the mixture between the bricks should be made as neat as possible. For carpentry techniques from Bali, they could create an invisible brick wall joints. This is very interesting. Exposed brick walls can also be given a coating layer to prevent moss. Some people choose to paint the exposed brick wall, but it will reduce its natural impression.

8. Is exposed brick design only displays the original color of the brick? or can exposed brick wall designed differently than usual? 

Usually it displays the original color of the brick that is the color of terracotta. Different kinds of bricks could be made with special order, but the most prevalent forms are the beam as we know, only the dimensions can vary.

9. What is the aesthetic influence?

Exposed brick wall looks interesting because it is ornamental with the strong lines. Aesthetic impression is often associated with the impression of countryside environments. This impression tends to calm and make you feel comfortable.

10. Tips on caring for Expose brick?

Exposed brick can be given a coating layer that makes it more shiny, not easily mossy, and easily cleaned.

11. do you think it can reduce cost of construction?

Not always. Bricks are made for exposing is usually more expensive than ordinary brick, but the quality is better. Can also actually use ordinary bricks, but the result sometimes a bit of broken brick there, not precision, not straight, and so forth. But this way could be used if you like the real rustic style of the wall, we do not have to use a special brick.







________________________________________________
 by Probo Hindarto

© Copyright 2010 astudio Indonesia. All rights reserved.

No comments:

Post a Comment