Wednesday, August 17, 2011

[desain gratis] Rumah tipe 60an dengan dapur terbuka

astudioarchitect.com Bapak Hasbi dari Makassar mengirimkan pertanyaan tentang bagaimana mendesain bangunan diatas lahan 7x14, dimana pertanyaan dan jawaban ini dimuat dalam kolom konsultasi mingguan Koran Seputar Indonesia. Berikut ini selengkapnya:

Bapak probo saya hasbi dari makassar, saya punya tanah ukuran lebar 7m dan panjang 14 m. saya ingin di dalam ada 2 kamar tidur, dapur di belakang ada taman kecil dan di depan ada teras tapi dalam bentuk minimalis. mohon bantuan gambar sketsanya. terima kasih pak ya.
Hasbi,
Makassar




Jawaban:

Dear Bapak Abhie Hasarin,
pertama saya ucapkan terimakasih atas pertanyaan Bapak, untuk desain rumah Bapak ini saya gunakan bentuk desain yang sederhana dan cukup populer untuk saat ini, menggunakan bentuk jendela pojok dengan sistem kantilever diatasnya. Penggunaan warna seperti warna kuning bisa membuat sebuah rumah tampil lebih menarik dan berwarna. Atap bagian ruang tamu bisa menggunakan dak beton sedangkan atap untuk bangunan utama dibelakangnya bisa menggunakan atap pelana biasa.

Dari segi denah rumah, saya membuat desain yang mengutamakan kesehatan ruang-ruang, karena terdapat dapur dan kamar mandi di bagian belakang, maka harus terdapat pula sebuah taman kecil untuk mengalirkan udara ke kedua ruangan tersebut. Meskipun begitu, dapur bisa juga dibuat terbuka seperti dalam gambar denah ini, dengan harapan aliran udara benar-benar lancar. Untuk tipe dapur terbuka seperti ini keuntungannya adalah dapur tidak sumpek, namun harus diperhatikan tentang binatang tikus yang sering masuk, karena itu Bapak Abhie sebaiknya menutup saluran air agar tidak dilaluinya.

Demikian, semoga jawaban saya bisa membantu Bapak.

Salam dari astudio,

Probo Hindarto
www.astudioarchitect.com

Bila Anda suka, Anda bisa membeli desain ini dengan gambar kerja lengkap dengan ukuran dan detail rancangan. Klik disini

________________________________________________
by Probo Hindarto
© Copyright 2011 astudio Indonesia.
All rights reserved.

No comments:

Post a Comment