Wednesday, September 21, 2011

[Desain Gratis] Rumah diatas lahan 10x20m


astudioarchitect.com Seorang pembaca blog www.astudioarchitect.com  yaitu Bapak Muhammad Fachri menuliskan sebuah email yang saya jawab sebagai desain gratis di Koran Seputar Indonesia.
Assalamualaikum wr. wb
Pak Probo yg baik hati,
Sesuai dengan saran Bapak yang sangat membantu buat saya untuk merancang denah rumah saya ukuran 10x20 m di www.floorplanner.com
Dan alhamdulillah desain rumah impian saya sudah jadi, tapi sebelumnya saya mohon kepada Bapak untuk melihatnya di http://www.floorplanner.com/projects/21775970-rumah-impian/edit#assets
agar bisa diberi saran tentang bagaimana harusnya desain yg ideal.  karena saya tidak tahu cara menyimpannya dalam format jpg
terima kasih



Berdasarkan email tersebut saya membuka desain denah yang dibuat oleh Bapak Muhammad Fachri, kemudian mencoba untuk memikirkan kembali tentang desain tersebut agar bisa memberikan saran.


 Desain denah awal yang dibuat sebenarnya sudah bagus, hanya memiliki beberapa kekurangan sebagai berikut:
 - Terdapat ruang kamar tidur dan kamar mandi yang tidak mendapatkan pencahayaan dan penghawaan alami- Penataan ruang kurang teratur yang akibatnya nantinya pada saat menghuni akan merasakan kesan ruang yang kurang teratur pula.
 - Penataan ruang-ruang masih bisa dimaksimalkan, dan agar taman tidak menjadi ruang sisa atau ruang yang tidak terintegrasi dengan rumah.

 Karena itu saya mencoba memberikan saran dengan membuatkan desain denah baru. Pada desain tersebut denah disederhanakan, dan dibuat dengan memperhatikan kesan ruang yang akan timbul agar lapang dan tidak terkesan sumpek. Perbedaan hanya pada perletakan ruang namun tidak banyak menambah luasan ruang. Kesan lega akan diperoleh dengan ruang keluarga, ruang makan dan dapur yang terintegrasi.

 Dari segi tampilan, saya membuatkan desain yang sederhana dan mudah diikuti oleh tukang lokal. Inovasi dari segi tampilan adalah portal teras depan yang memiliki bentuk melengkung di bagian atas, mungkin merupakan sebuah pilihan desain bila diinginkan.Demikian jawaban saya, semoga bisa memberikan bantuan yang diharapkan.Terimakasih,Salam,Probo Hindartowww.astudioarchitect.com

Bila berminat, Anda bisa membeli desain rumah ini, lengkap dengan gambar kerja:
- denah
- tampak
- perspektif
- rencana pondasi
- rencana atap
- rencana peralatan listrik
- rencana plumbing
- rencana perletakan kusen
- detail kusen (hingga ukuran kusen)


Hubungi:
email astudioarchitect.com@gmail.com
HP: 08125244753

________________________________________________
by Probo Hindarto
© Copyright 2011 astudio Indonesia.
All rights reserved.

No comments:

Post a Comment