Wednesday, September 22, 2010

Desain eksterior dan interior rumah dengan tema warna putih

astudioarchitect.com Warna putih bila diaplikasikan pada tampilan eksterior (luar) bangunan rumah akan sangat dominan, sehingga efek kaku dan dingin begitu terasa. Rumah yang berwarna putih sekali tidak direkomendasikan untuk eksterior rumah, karena bila panas matahari menimpa ia akan terlihat terlalu cemerlang dan menyilaukan. Warna putih bisa diaplikasikan pada tampilan depan rumah tapi tidak semuanya warna putih, mungkin bisa digabungkan dengan warna abu-abu, krem, atau warna material seperti warna kayu dan batu alam. Warna apapun terlihat berbeda bila disandingkan dengan warna putih. Terutama warna hitam yang bisa ddapatkan dari warna batu alam, bisa menetralisir warna putih agar tidak terlihat monoton. Selain itu warna putih bisa diaplikasikan ke bagian lain seperti kusen, kolom, lis profil, atau pada aksen material seperti batu tempel. 


Warna putih sesuai bagi orang yang menyukainya, tapi bila tidak menyukainya, adakalanya putih terlihat terlalu dingin, ada kecenderungan terlalu putih memiliki efek dingin yang sering diasosiasikan dengan warna ‘es’ terutama dalam desain interior. Usahakan memilih perabot yang tepat karena bila keliru memilih akan terlihat aneh dan sangat menonjol di ruangan berwarna putih. Kalaupun ingin memberi sentuhan sedikit, entah memberikan sentuhan warna berbeda. Biasanya perabot yang cocok juga memiliki sedikit atau sebagian warna putih pada desainnya.

Pemilihan warna cushion disandingkan dengan ruang yang catnya serba putih bisa bermacam macam, karena warna putih sesuai disandingkan dengan semua warna, maka tidak menutup kemungkinan disandingkan dengan warna warna lainnya, tapi perlu diingat, bahwa untuk aksesoris seperti gorden sebaik mungkin diusahakan agar serasi dengan warna putih tersebut dan untuk aksesoris lainnya seperti furniture kecil-kecil dan pajangan bisa dengan bermacam-macam warna agar tidak monoton (tapi tetap harus saling serasi satu sama lain).


Untuk bagian seperti plafon dan lantai bisa juga putih semua, karena temanya memang putih, tapi bisa juga dengan menggunakan aksen warna baik sebagai bagian yang terlihat solid atau hanya bagian seperti garis pada plafon atau dinding.

Designed by BAKOKO, on Flickr
Some rights reserved
Bila menggunakan wallpaper, kita bisa menggunakan wallpaper dengan warna dasar putih, sedikit abu-abu atau putih dengan sedikit campuran warna. Untuk motifnya usahakan yang terlihat lembut, seperti motif kecil-kecil dengan warna pastel, atau warna yang cenderung perak.

Bila diinginkan untuk gradasi warna putih bisa menggunakan sedikit warna abu abu atau warna lain yang dicampurkan sedikit.

Untuk cahaya di ruang yang dominan putih bisa menggunakan cahaya berwarna putih atau kuning, karena warna putih masih bisa terlihat menarik baik dengan skema cahaya putih ataupun kuning.

________________________________________________
by Probo Hindarto
© Copyright 2010 astudio Indonesia.
All rights reserved.

No comments:

Post a Comment

Post a Comment