Sunday, September 19, 2010

Tips merenovasi rumah menjadi tempat usaha / Add a business place in a house

astudioarchitect.com Bagi banyak orang, membuka usaha di rumah merupakan alternatif yang sangat baik untuk memperbaiki perekonomian keluarga. Terutama sebuah keluarga terdiri dari ayah yang bekerja diluar, ibu rumah tangga dan anak anak, kadangkala ada keinginan agar sang Ibu bisa membuka usaha dirumah. Hal ini sangat lazim terutama bagi mereka yang memang memiliki rumah di daerah yang cukup padat atau potensial untuk membuka usaha. Apa saja yang perlu kita perhatikan saat ingin membuka usaha di rumah terutama dari segi desain dan arsitektur?

Rumah dengan tempat usaha di bagian depan yang nampak asri
desain rumah: Ibu Bambang Sudibyo
For many people, opening a business at home is an excellent alternative to improve the family economy. Especially a family consisting of a father who worked outside, housewives and children, sometimes there is a desire for the mother to open a business at home. This is very common especially for those who do have homes in dense areas or the potential to open a business. What should we consider when trying to open a business at home, especially in terms of design and architecture?


Salah satu usaha yang paling diminati antara lain adalah membuka usaha kecil seperti:

  • toko kelontong
  • wartel
  • laundry
  • warung/ depot/ restoran
  • butik/ toko baju
  • warnet
  • praktek dokter, arsitek, konsultan, dsb
  • kantor notaris
  • usaha foto copy, alat tulis dan penjilidan
  • biro perjalanan
  • toko buah
  • kafe mahasiswa/ pelajar
  • toko makanan khas
  • rental VCD dan DVD
  • mini market
  • dan sebagainya
Terdapat beberapa faktor yang bisa mempengaruhi desain arsitektur dari sisi perubahan bangunan rumah menjadi ruang usaha, karena tentunya dengan bertambah atau berubahnya ruang dalam rumah atau bagian rumah menjadi tempat usaha, maka terdapat pula penyesuaian dari segi arsitektur dan interior. Kadangkala ada keluarga yang merubah salah satu ruangan seperti ruang garasi menjadi ruang usaha. Kadangkala ada juga yang merubah ruang tamu menjadi tempat usaha, dimana perubahan ini tidak jarang menimbulkan konflik dari segi desain arsitektur dan interior karena bercampurnya berbagai aktivitas dalam rumah dan usaha.


One of the most sought after among others is to open small businesses such as:
  • grocery store
  • telephone kiosk
  • Laundry
  • shop / depot / restaurant
  • boutique / clothing store
  • cafe
  • practice for doctors, architects, consultants, etc.
  • notary offices
  • photocopy business, stationery and bindery
  • travel agency
  • fruit shop
  • cafe student / student
  • typical food store
  • VCD and DVD rental
  • mini market
  • etc.
There are several factors that can influence the architectural design of the building that may change the home into business space, because certainly with increasing or changing rooms inside the house it becomes a place of business, then there are also adjustments in terms of architecture and interiors. Sometimes there are families who change one of the rooms like the garage space into business space. Sometimes there is also a changing room into a place of business, which may cause a conflict in terms of architecture and interior design because the mixing of the various activities at home and businesses.

Yang harus diperhatikan dalam desain renovasi rumah untuk usaha adalah bagaimana desain ruang usaha tersebut bisa maksimal baik dari segi fungsi maupun dari segi tampilan, serta tidak atau kecil kemungkinan mengganggu aktivitas dalam rumah. Untuk menyiasatinya ada beberapa cara sebagai berikut:

- Pilih area yang paling tidak mengganggu aktivitas rumah, misalnya di bagian pojok lahan yang berbatasan dengan jalan. Adakan akses yang baik bila memungkinkan yaitu area parkir kendaraan minimum satu mobil dan beberapa motor. Rumah usaha yang baik selalu memperhatikan hal ini bila memungkinkan. Setidaknya ada parkir untuk beberapa motor terutama bila sasaran konsumen adalah kaum muda.

- Buka bagian depan atau tampilan depan bagian ruang usaha tersebut sehingga terlihat dari jalan dengan baik, misalnya dengan membuat etalase kaca, papan nama atau letter yang cukup besar, bisa juga menggunakan perbaikan dan penampilan fasad yang modern, misalnya tema gaya modern.

- Sediakan akses ke dalam ruang rumah yang langsung ke ruang bersama, bila memungkinkan misalnya ruang keluarga, meskipun bisa juga dengan diberi sedikit ruang misalnya taman diantara ruang rumah dan ruang usaha. Adakalanya ruang usaha perlu dilengkapi dengan kamar mandi khusus misalnya untuk praktek dokter atau bila Anda memiliki karyawan yang menjaga ruang usaha tersebut

- Bagi ruang usaha yang memerlukan renovasi, pertimbangkan untuk membuat ruang yang cukup besar dengan rencana penggunaan partisi untuk ruang-ruangnya, dengan harapan nantinya bila berubah jenis usaha, akan bisa dirubah ruangnya dengan mengubah partisi tanpa merenovasi strukturnya.

- Usahakan tetap memperhatikan garis sempadan bangunan, konsultasikan dengan arsitek atau kontraktor Anda, serta uruslah IMB terlebih dahulu agar tidak terjadi masalah dengan PemKot di kemudian hari. Perhatikan pula bagaimana aliran air, peresapan air tanah dengan menggunakan paving dan bukan plester yang menutupi seluruh area parkir, dengan demikian kita membantu agar air hujan bisa terserap ke lahan kita dan tidak turut menyumbang banjir.

- Perhatikan sanitasi, jangan menutupi bagian depan tempat usaha dengan cor beton atau merusak riol kota, atau menutupi riol / saluran air kota tersebut dengan beton atau rabatan. Hal ini bisa disiasati dengan menutup riol kota dengan jembatan dari besi berlubang-lubang yang masih bisa dilewati mobil atau motor dan tidak mengganggu sanitasi didepan ruang usaha.

- Perlunak tampilan ruang usaha dengan unsur tanaman yang hijau dan menyenangkan.

That must be considered in the design for house remodeling is how to design space to be a maximum both in terms of function and appearance, and having no or little possibility of disturbing activities within the home. To cope with that there are several ways as follows:

- Select an area that mostly will not interfere with home activities, such as in the corner of the land that borders the road. Hold a good access when possible ie the minimum vehicle parking one car and several motorcycles. A good home business always pay attention to this when possible. At least there is parking for several motorcycles especially when the target consumers are young people.

- Open the front view of business space to be visible from the road, for example by making glass storefront windows, signage or letter that is big enough, could also use improvement and the appearance of a modern facade, for example, the theme of modern style.

- Provide access into the space directly into the house together, where possible such as the family room, although it could also be given a little space between spaces such as a garden. Occasionally a business space need to be equipped with a special bathroom for example for the doctor practice space or if you have employees who maintain business space

- For business space that needs renovation, consider making a large enough space with the plan of partition to create rooms, in order that later on when changing the type of business, will be altered by changing the partition space without renovating the structure.

- Try to keep attention to the building demarcation line, consult with your architect or contractor, as well as take care of IMB in advance to avoid problems with the municipal government in the future. Notice also how the flow of water, ground water recharge using paving and not the plaster that covered the entire parking lot, so we help keep rain water can be absorbed into our land and do not contribute to flooding.

- Notice to sanitation, do not cover the front of the place with cast concrete or damaging the city sewers, or to cover sewers / drains of the city with concrete. This could be managed by closing the city sewers with an iron bridge from which holes can still be passed by a car or motorcycle and do not interfere with business space in front of sanitation.

- Soften the facade view of your business space with elements of green plants.


________________________________________________
by Probo Hindarto
© Copyright 2010 astudio Indonesia.
All rights reserved.

No comments:

Post a Comment