Monday, October 12, 2009

[Buku Arsitektur] Pedoman Bangunan Tahan Gempa


[Buku Arsitektur] astudioarchitect.com "Pedoman Bangunan Tahan Gempa" yang ditulis oleh Heinz Frick adalah salah satu buku yang benar-benar bisa dijadikan pedoman bagi para arsitek maupun kalangan umum yang tertarik mempelajari bangunan tahan gempa, mengingat gempa di Indonesia terjadi dengan begitu beruntun dan sangat menghancurkan. Heinz frick mengulas berbagai aspek perancangan agar bangunan tahan gempa.




Bangunan yang tahan gempa bisa dibangun dengan teknologi sederhana yang biasa dipakai dalam rumah-rumah konvensional dengan sistem struktur beton bertulang, dinding batu-bata dan atap kayu. Penambahan yang perlu dilakukan, misalnya pada penambahan angkur yang memperkuat hubungan antara elemen beton, dinding, atap dan elemen lainnya. Penjelasan tentang dasar-dasar bangunan tahan gempa dijelaskan dengan gambar dan grafik yang mempermudah kita memahaminya. Dengan sistem-sistem bangunan yang dikenal di Indonesia dan dibuat oleh standarisasi pemerintah. Meskipun buku ini terlihat sederhana dengan cover hijaunya, tapi isinya sangat berbobot.




________________________________________________

by Probo Hindarto


ENGLISH VERSION: 

"Guidelines for Earthquake Resistant Buildings" written by Heinz Frick is one book that really can be a guide for architects and the public who are interested in studying earthquake-resistant buildings, since the earthquake in Indonesia happened so quick succession and very destructive. Heinz Frick examines various aspects of design for earthquake resistant buildings.


Earthquake-resistant buildings can be built with simple technology commonly used in conventional homes with a system of reinforced concrete structures, brick walls and wooden roof. The addition needs to be done, for example, in addition Angkur that strengthen the relationship between concrete elements, walls, roofs and other elements. An explanation of the basics of earthquake resistant buildings is described with pictures and graphics that make us understand it. With the building systems are known in Indonesia and is made by the government standardization. Although this book looks simple with green cover, but it is very weighty.




________________________________________________


by Probo Hindarto

© Copyright 2009 astudio Indonesia. All rights reserved.

No comments:

Post a Comment