Tuesday, October 6, 2009

[Konsultasi gratis] Denah dan tampilan rumah dua lantai



Konsultasi gratis astudioarchitect.com
Bapak Budhi dari Jakarta mengirimkan pertanyaan tentang desain rumah yang dibuatnya melalui form konsultasi gratis astudio. Pak Budhi sudah 2 bulan menggambar desain rumah sendiri. Menurut saya cukup baik pak, namun bila Bapak menggunakan jasa arsitek, mungkin juga akan membantu dengan banyak hal tentang penataan ruang, desain facade, serta gambar kerja presisi yang akan digunakan waktu membangun.


Pertanyaan:

Name: Budhi
Email: budhi@****.biz
Alamat: Metro Permata
no HP/telepon: 08881357***
Pekerjaan: komputer
Pertanyaan/ keinginan:: Saya bingung bikin fasad, udah otak-atik 2 bulan lebih. Tapi masih belum sreg 100%, soalnya saya memang bukan dari background arsitek/sipil.
Idenya mau natural minimalis, sehat, eco energy tapi dengan bahan yang murah.
Denah sama fasad ini saya coba gambar-gambar sendiri pakai corel.

Agar rumah sejuk tanpa ac, atap saya coba rancang ada lobang udara disekililing atap lalu diatas atap ada bukaan lobang hawa. konsepnya masuk akal atau tidak ya ?

(pertanyaan disertai attachment file 3 buah gambar)

Jawaban:

Yth pak
Saat Bapak menjelaskan bahwa Bapak bukan arsitek atau orang sipil, dan melihat gambar yang Bapak kirimkan, saya merasa salut dengan Bapak, karena bisa merencanakan rumah dengan dengan kualitas seperti ini.

Menurut saya, tatanan ruang-ruang dalam rumah Bapak sudah cukup baik. Sayangnya, saya tidak melihat pembagian ruang-ruangnya seperti apa, karena tidak disertakan nama ruang-ruangnya dan garis-garisnya hanya satu garis saja. Untuk gambar kerja arsitektur, biasanya notasi dinding dan kolom dibedakan sehingga lebih jelas.

Gambar lantai 1

Banyak ruang sudah terdesain dengan baik, hanya terdapat beberapa ruangan yang terlihat tanpa jendela di lantai 1 tersebut. Kira-kira ruang-ruang apakah ini? Misalnya, di belakang garasi ada ruang memanjang dengan kamar mandi didalamnya? Apakah ruang untuk pembantu? Kemungkinan di bagian belakang masih bisa diolah lagi. Kamar mandi juga bisa dikeluargak dari kamar memanjang tersebut, sehingga bisa berada diantara kamar dan garasi dan bisa digunakan untuk melayani lantai 1 dan garasi (bila dibutuhkan).

Ruang dibawah tangga adalah kamar mandi? dan disebelahnya adalah kamar tidur? Bila ini kamar tidur, saya sarankan diolah dengan taman belakang sehingga kamar ini masih punya jendela. Adapun ruang tamu dan letak tangga menurut saya sudah bagus.








Gambar lantai 2


Untuk lantai dua, saya melihat tatanannya juga sudah cukup baik. Disini saya melihat kamar mandi utama juga bisa digunakan dari luar dengan dua pintu? Mungkin ini bisa jadi kurang sesuai untuk fungsi kamar tidur utama yang privat. Letak kamar-kamar tidur anak juga sudah baik, demikian juga letak balkonnya.

















Untuk tampilannya, menurut saya juga sudah cukup baik, tentunya akan berbeda bila Bapak menggunakan jasa arsitek, dalam hal ini, setiap rancangan oleh orang yang berbeda hasilnya akan berbeda juga. Bapak bisa menggunakan ventilasi disekitar atap untuk menghindari penggunaan AC, saya setuju. Tapi kita harus lihat lagi apakah jendela ventilasinya bisa dibuka tutup, bila bisa, akan lebih baik, seperti rumah-rumah kuno jaman Belanda.

Idenya mau natural minimalis, sehat, eco energy tapi dengan bahan yang murah.

Natural bisa berarti dari bahan, dalam arti bahannya memakai bahan alami yang tidak mengalami atau sedikit mengalami proses fabrikasi. Bila seperti ini, Bapak bisa menggunakan batuan ekspos, atau struktur dinding menggunakan batuan yang memang benar-benar alami.

Bila 'berkesan' natural atau alami, maka ini bisa seperti yang Bapak sebutkan sebagai lapisan bergambar kayu diluar GRC board. Pada dasarnya ini 'terkesan' alami seperti kayu meskipun menggunakan bahan-bahan pabrikan.

Beberapa artikel tentang rumah sehat, taman dan sebagainya juga bisa Bapak cari di blog astudioarchitect.com ini
_______________________________________________

by Probo Hindarto

© Copyright 2009 astudio Indonesia. All rights reserved.

No comments:

Post a Comment